ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUWAWA

Masruroh Masruroh, Hendra Hendra, Nurhayati Nurhayati, Merlin Merlin, Mohd. Kahirul Nizam

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa berdasarkan tipe gaya belajar, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi gorontalo. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 41 siswa yang dilakukan pada bulan April 2023, Pengambilan data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa gaya belajar yaitu 21 orang siswa (50%) memiliki gaya belajar visual, 9 orang siswa (22%) memiliki gaya belajar Auditorial, 7 orang siswa (18%) memiliki gaya belajar kinestetik, 1 orang peserta didik (2,5%) memiliki gabungan gaya belajar Visual dan Auditorial, 2 orang siswa (5%) memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik, dan 1 orang siswa (2,5%) memiliki gabungan gaya belajar Auditorial dan Kinestetik. Dominan gaya belajar siswa SMA Negeri 1 Suwawa yaitu visual sebanyak 50% ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang saat proses pembelajaran di kelas dan saat guru sedang menjelaskan lebih cenderung menyimak pelajaran dengan cara melihat dan senang mengikuti ilustrasi, membaca instruksi, mengamati gambar-gambar, meninjau kejadian secara langsung, dan sebagainya. Dan juga sebanyak 22% siswa memiliki gaya belajar Auditorial yang mana  ditunjukkan dengan banyaknya peserta didik yang saat mendapat tugas dari guru, biasanya akan melihat teman-teman lainnya dahulu, baru kemudian bertindak sendiri, serta senang berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang lain saat belajar di kelas. 


Keywords


Analisis; Karakteristik; Gaya Belajar

References


Alhafiz, N. (2022). ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5). http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Avita Nurhidayah, D. (2015). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP. In Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 3, Issue 2).

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. JURNAL KEPENDIDIKAN, 44.

Darwin, M., Mamondol, M. R., & dkk. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (T. S. Tambunan, Ed.). Media Sains Indonesia.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Dwi Widayanti, F. (2013). PENTINGNYA MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS. ERUDIO, 2(1).

Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Nor Aulia, D., & Hidayati, N. (2022). ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 4 DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU .

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DIAN ANDALAS PADANG. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 2.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan (Murodi, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Kencana.

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. In JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang (Vol. 2).

Sitorus, S. H., Pan Pangestie, E., & Apriatama, D. (2023). SURVEI PEMAHAMAN SISWA TENTANG GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling , 3. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar (Abdul, Ed.). Adab .

Widyaningtyas, A., & Radiyono, Y. (2013). PERAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 136.

Yulianci, S., Doyan, A., & Febriyanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.