MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 5 TAPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Nelda nani

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi Lingkaran bagi peserta didik SDN 5 Tapa  dengan cara mengaktifkan peserta didik pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan peserta didik dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada peserta didik dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik Kelas VI SDN 5 Tapa sedang objeknya adalah pembelajaran materi Lingkaran pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan peserta didik dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal peserta didik yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai peserta didik dalam menguasai materi Lingkaran yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I peserta didik dapat meningkat sebesar 45 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 60 %.Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan teknik mengaktifkan peserta didik.

Keywords


Model Pembelajaran Discovery Learning, Prestasi Belajar Matematika, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andi Hakim Nasution. 1982. Landasan Matematika. Jakarta: Bharata Karya Aksara.

Daniel Muijs dan David Reynolds 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke-2) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York: Holt Rinehart and Winstons.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Russeffendi 1988. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.