MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 3 TAPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Elvira I. Gobel

Abstract


Tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui implementasi Model Pembelajaran Talking Stick bagi Peserta Didik kelas VI SDN 3 Tapa (2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman, aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar Peserta Didik kelas VI SDN 3 Tapa, (3) Untuk mengetahui respons Peserta Didik terhadap implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Peserta Didik kelas VI SDN 3 Tapa. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus penelitian yang dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman, aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik Kelas VI SDN 3 Tapa dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa  penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik kelas VI SDN 3 Tapa, dapat diterima.


Keywords


Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran Talking Stick, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

A.Ubaedillah & Abdul Rozak. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Pancasila, demokrasi, hak asasi manusia dan masyarakat madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah

Ari Samandhi. (2009). Model Pembelajaran Talking Stick. Jakarta: Teaching Improvement Worshop Enginering Education Develompment Project.

Baharudin & Esa Nur Wahyuni. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. (2009). Psikologi Perekembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Endang Poerwanti dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti. Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM:Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hiszyam Zaini. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani. Hollingsworth, Pat & Gina Lewis. (2008). Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan Di Kelas. Penerjemah: Dwi Wulandari. Jakarta: Indeks.

Moh. Sholeh Hamid. (2011). Metode Edutaiment. Yogyakarta: Diva Press. Redja Mudyahardjo. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Thobroni & Arik Mustofa. (2013). Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional . Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Muhibinsyah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Redja Mudyahardjo. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

R. Ibrahim dan Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Saiful Bahri Djamarah. (2011).Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Garamedia Widiasarana Indonesia.

_______.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Suharsimi Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.