MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 4 TAPA MELALUI MEDIA VISUAL

Rosna S. Tobuto

Abstract


Aktivitas, kreativitas dan prestasi belajar Peserta Didik kelas VI SDN 4 Tapa dalam menggambar bentuk masih tergolong rendah karena pada umumnya Peserta Didik masih sulit dalam menuangkan ide/gagasan, menentukan pilihan jenis gambar, terlebih dalam menentukan dan menerapkan teknik-teknik dengan penyesuaian alat/bahan yang digunakan sehingga hasil karya gambar belum realistis dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, juga aktivitas dan kreativitas peserta didik. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yang diajukan dalam hipotesis tindakan, berupa proses pembelajaran Seni  Rupa pada materi menggambar bentuk terbukti meningkat dari pelaksanaan pada masing-masing siklus. Capaian Peserta Didik yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada siklus II sebanyak 27 orang atau 90% dari 30 orang Peserta Didik, bila dibandingkan pada siklus I Peserta Didik yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal hanya 7 orang atau 23,33% dari 30 orang Peserta Didik.

Keywords


Efektivitas, Media Pembelajaran Visual, Aktivitas, Kreativitas, Prestasi Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, S B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. ( 2005). KBBI. Jakarta: Balai Pustaka.

(http://kiflipaputungan.wordpress.com/2010/06/27/ pengembangan media pembelajaran/).

Mohammad Asrori, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: CV. Wacana Prima

Nana Sudjana, 2003, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Sipahelut, Atisah. 1995. Seni Rupa dan Desain. Jakarta: Erlangga

Sukidin, Basrowi, Suranto, 2008, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta ; Insan Cendekia

Sudrajat Ahmad, 2008, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang:Aneka Ilmu.

Yudhistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria Apik. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.