IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP RANGKAIAN LISTRIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 12 KABILA

Gustin Dalu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan kemampuan Peserta Didik dalam memahami konsep Rangkaian Listrik melalui metode demonstrasi  (b) Ingin mengetahui seberapa meningkatnya pemahaman konsep Rangkaian Listrik setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VI SDN 12  Kabila. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa pemahaman konsep Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (5.31), siklus II (8,15) Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya hasil belajar IPA bagi Peserta Didik kelas VI SDN 12 Kabila, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Depdikbud, (1989). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Sistem Pendidikan. Semarang Aneka Ilmu.

Depdiknas, (2004). Kurikulum Pendidikan Dasar, Dirjen Dikdasmen.

Depdikbud, (1998). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta Dirjen Dikdasmen.

Depdikbud, (1995). Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta Dirjen Dikdasmen.

Depdikbud, (1997. Ilmu Pengetahuan Alam Petunjuk Guru Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta Dirjen Dikdasmen.

H. Udin, (1987). Strategi Pembelajaran Dirjen Pendidikan. Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kasihani Kasbolah, (1998). Penelitian Tindakan Kelas Dirjen Pendidikan. Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nana Sujana, (1991). Media Pengajaran. Pusat Penelitian dan Pembidangan Ilmu Lembaga Penelitian IKIP Bandung. Sinar Baru.

Ngalimun Purwanto, (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.