PENGIMPLENTASIAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 BULANGO TIMUR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar IPS. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Bulango Timur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Make a Match dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Bulango Timur, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardy Widyarso. Model pembelajaran Make a Match Sebagai Alat Media. (2009)
Depdiknas (.2004 ). Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta
Endang Poerwanti. (2007).Assesmen Pembelajaran Jakarta Ditjen Dikti
M.Jauhar Siddiq.,Isniatun Munawaroh., (2007).Pengembangan Bahan
Sri Anitah (2008) Modul PLPG Media Pembelajaran.(2008). Surakarta. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13
Suharsimi Arikunto, Suhardjono. Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas.Edisi 3.Jakarta. Bumi Aksara.
Taneo,S. (2007). Kajian IPS SD. Jakarta.Ditjen Dikti.
Wardani I.G.A.K . Wihardit Kusyawa & Noehi Nasution, (2003 ), Penelitian Tindakan Kelas.,UT Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.