PENGIMPLENTASIAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 BULANGO TIMUR

Marike Runtu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar IPS. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPS  setelah diterapkannya model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Bulango Timur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Make a Match dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Bulango Timur, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS


Keywords


Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Make A Match, Penelitian Tindakan

Full Text:

PDF

References


Ardy Widyarso. Model pembelajaran Make a Match Sebagai Alat Media. (2009)

Depdiknas (.2004 ). Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta

Endang Poerwanti. (2007).Assesmen Pembelajaran Jakarta Ditjen Dikti

M.Jauhar Siddiq.,Isniatun Munawaroh., (2007).Pengembangan Bahan

Sri Anitah (2008) Modul PLPG Media Pembelajaran.(2008). Surakarta. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Suharsimi Arikunto, Suhardjono. Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas.Edisi 3.Jakarta. Bumi Aksara.

Taneo,S. (2007). Kajian IPS SD. Jakarta.Ditjen Dikti.

Wardani I.G.A.K . Wihardit Kusyawa & Noehi Nasution, (2003 ), Penelitian Tindakan Kelas.,UT Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.