PEMANFAATAN MEDIA PIAS-PIAS KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS I SDN 5 BULANGO UTARA

Sulastri Kasim

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui pemanfaatan  media  pias-pias  kata  pada  Peserta Didik  kelas  1  tahun pelajaran 2018/2019. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  saat  proses pembelajaran  berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik (student centered) hal ini terlihat dariketertarikan Peserta Didik pada kondisi awal 35,00 % menjadi 60,00% pada siklus I meningkat 25,00% dan menjadi75,00% pada siklus II meningkat 15,00%. Pada indikator partisipasi aktif Peserta Didik dalam proses pembelajaran darisiklus I 65,65% menjadi 91,30% pada siklus II meningkat 25,65%, dari pengamatan performance Peserta Didik dalam membaca permulaan pada siklus  I  60,00%  menjadi  90,00%  pada  siklus  II  meningkat 30,00%  dan  dari  hasilkuesioner Peserta Didik 72,50% pada siklus I menjadi 92,50% pada siklus II meningkat 20,00%. Kemampuan gurudalam menerapkan pemanfaatan media pias-pias kata pada kondisi awal mencapai 1,9 dalam kriteria cukup baikmenjadi 3,24 dalam kriteria sangat baik pada siklus I meningkat 1,34 poin dan menjadi 3,9 dalam kriteria sangatbaik pada siklus II meningkat 0,66 poin. Hasil belajar Peserta Didik pada tes akhir presentasi Peserta Didik tuntasbelajar pada kondisi awal 35,00% menjadi 60,00% pada siklus I meningkat 25,00% dan menjadi 95,00% dan padasiklus II meningkat 35,00%, nilai rata-rata kelas dari kondisi awal 57,50 menjadi 70,00 pada siklus I meningkat 12,50poin dan menjadi 81,75 pada siklus II meningkat 11,75 poin.


Keywords


Ketrampilan Membaca, Membaca Permulaan, Media Pias-Pias Kata

Full Text:

PDF

References


nton M.Moeliono.1998.Psikologi Belajar. Yogyakarta:Rineka Cipta.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih.2001.Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Guntur Tarigan, Henry. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa.

Mintowati, Maria. 2003. Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Muhibin Syah.1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyani Sumantri dan Johan Permana. 1999. Strategi Belajar mengajar. Jakarta : Dirjen Dikti

Nurhadi, 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru.

________, 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriyadi, dkk. 1991. Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.