MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI TEKNIK MENGGAMBAR KOLASE BAGI PESERTA DIDIK KELAS II SDN 8 KABILA

Isna Hidiya

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah upaya meningkatkan aktivitas belajar SBDP melalui penerapan media benda-benda terdekat bagi Peserta Didik Kelas II SDN 8 Kabila dapat meningkat dan memenuhi tujuan yang diharapkan? Prosedur penelitian ini akan dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian pada setiap siklus dalam pembelajaran SBDP pada Peserta Didik Kelas II SDN 8 Kabila semester genap tahun pelajaran 2018/2019, yaitu sebagai berikut: (1) pada siklus I aktivitas belajar Peserta Didik belum memenuhi standar yang diharapkan yang hanya mencapai    rata-rata 55%. Setelah pelaksanaan siklus II aktivitas belajar Peserta Didik pada pembelajaran SBDP meningkat menjadi rata-rata 85%.

Keywords


Aktivitas Belajar SBDP, Teknik Menggambar Kolase, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Ida Herawati, Iriaji, 1991/1992 Pendidikan Seni Rupa Jakarta.

Muharam E Warti Sundaryati 1991/1992 Pendidikan Kesenian

Depdikbud Direktorat jendral pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga Direktorat pendidikan Dasar

Raharjo Slamet, 2002. Metedologi Pengembangan Kompetensi Mengajar Kesenian Guru Kelas Sekolah Dasar, Salatiga

Retno Winarni, 2009 . Penelitian Tindakan Kelas Salatiga.

S.R Bambang dkk. 2000. Kertangkes SD Kelas V. Erlangga. Jakarta

Slamet, Y, Suwarto,2007. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. UNS Pressg. Syaefudin , Jatmiko, Tejo, Cahyono, Agus. 2002. Pembelajaran senirupa. UT. Jakarta

Zakarias Azis, dkk 2009 Pendidikan Seni Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.