MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 5 BULANGO SELATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Suhartin A. Pou

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar PKn. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan konsep Kerja sama Negara-Negara Asia Tenggara setelah diterapkannya Model pembelajaran  Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 5 Bulango Selatan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran  Think Pair Share  dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa Kelas VI SDN 5 Bulango Selatan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran PKn


Keywords


Pembelajaran PKn, Konsep Kerja sama Negara-Negara Asia Tenggara, Model Pembelajaran Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Anton M Mulyono. 2000. Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Depdiknas

Johnson DW & Johnson, R. T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : P.T Bumi Aksara

Mohammad Asrori, Prof. Dr, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, CV. Wacana Prima

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana, Nana, 1991. Model – Model Mengajar CBSA, Bandung: Sinar Baru

Nana Sudjana, Dr, 2003, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Jakarta; Sinar Baru Algensindo

Team Pelatih Penelitian Tindakan. 2000. Penelitian Tindakan (Action Research). Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.