PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 8 KABILA

Asni Arif Arbie

Abstract


Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pemanfaatan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan dimanfaatkannya Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh  hasil sebagai berikut: (1) Perolehan nilai siklus I, yaitu sebesar 19 %. Hal ini disebabkan sudah menggunakan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah  dan menggunakan metode bervariasi. (2) Perolehan nilai Siklus II, yaitu sebesar 90 %. Hal ini disebabkan sudah diberikan materi dengan menggunakan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah. Berdasarkan perolehan nilai yang selalu meningkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik. Simpulan dari penelitian ini adalah Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 8 Kabila.


Keywords


Pembelajaran IPA, Konsep Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah

Full Text:

PDF

References


Angkowo, Rubertus dan A. Kosasih, Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Grasindo, 2007.

Arikunto, Suharsimi, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara,2006.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2003

Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga, 1989.

Dalyonono, M., Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta: Rineka Cipta, 2005. Endah, Diana, dkk., Pengembangan Keterampilan Proses SAINS Bagi Mahasiswa Calon Guru Melalui Praktikum Fisika Dasar Pada Pokok Bahasan Fluida, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 2, No. 2, Juli 2005

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2001. Jurnal Pendidikan dan Humaniora No. 07 Tahun IV, September 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.