PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PESERTA DIDIK KELAS I SDN 10 KABILA

Rosita Mile

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring dengan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui apakah penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring  pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas I SDN 10 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring  bagi peserta didik kelas I SDN 10 Kabila. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring  dari siklus I sampai siklus II. Pada pelaksanaan tes evaluasi hasil belajar siklus I  dengan jumlah peserta didik 21 orang yang tuntas 43 % sedangkan yang belum tuntas 57%. Pada siklus II mengalami peningkatan yakni melalui tes hasil belajar dengan jumlah peserta didik 21 orang yang tuntas 90,5 % sedangkan yang tidak tuntas 9.5 %. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring  mengalami peningkatan.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Membaca Nyaring, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 1998. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono.1998. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anton Sukarno.1994. Efektivitas Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta.

Darmiati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah.Yokyakarta: PAS.

Dimyati Mahmud. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasihani Kasbolah E. S. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyono Abdurahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik.1990. Metode Belajar dan Kesulitan-kesuliatan Belajar. Bandung: Tarsito.

Paulia Panen. 2002. Belajar dan Pembelajaran 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

St. Y. Slamet, 2007. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia diSekolah Dasar. Sebelas Maret University Press.

. 2007. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang. Universitas Diponegoro Semarang.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Suharsini Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata. 2002. Psikologi pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada. Sunardi. 1997. Mengenal Peserta didik Berkesulitan Belajar. Surakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. UNS.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.