IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 SUWAWA SELATAN

Kasmin Lamusu

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan hasil refleksi pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi peserta didik kelas VI SDN 1 Suwawa Selatan, tahun pelajaran 2018/2019 diperoleh data sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) belum memuaskan karena kegiatan pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif mengikuti pembelajaran, (2) metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menitik beratkan pada penanaman informasi/konsep-konsep yang dipelajari, lebih banyak diberitahukan atau disajikan dalam bentuk ceramah saja; (3) dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik merasa kurang mendapatkan pengarahan dan bimbingan dalam belajar mandiri sehingga perlu adanya variasi penerapan model pembelajaran, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah upaya meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation(GI) bagi Peserta didik Kelas VI SDN 1 Suwawa Selatan dapat meningkat dan memenuhi tujuan  yang diharapkan? Prosedur penelitian ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus dilakukan dengan  4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian pada setiap siklus dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada peserta didik Kelas VI SDN 1 Suwawa Selatan semester genap tahun pelajaran 2018 / 2019, yaitu sebagai berikut: (1) pada siklus I aktivitas belajar peserta didik belum memenuhi standar yang diharapkan, Setelah pelaksanaan siklus II aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meningkat. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi peserta didik Kelas VI SDN 1 Suwawa Selatan. Dari hasil analisa didapatkan bahwa hasil belajar PKn  peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (66,39%) dan siklus II (80,39%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya hasil belajar PKn peserta didik kelas VI SDN 1 Suwawa Selatan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Ibrahim, Muslimin,2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Moleong, Lexy J, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nata widjaja, Rochman, 1985. Cara belajar Peserta Didik aktif dan Penerapannya dalam Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Dikdasmen, Depdiknas

Nasution S. 1989. Didaktik Azas – azas Mengajar, Bandung: Jermnas

Rochman, Natawidijaja, 1997. Konsep Dasar Penelitian Tindakan ( Action Research )

Harun Rasyid, Drs, Mansur, M.Pd, 2008, Penilaian Hasil Belajar, Jakarta ; CV. Wacana Prima

Mohammad Asrori, Prof. Dr, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, CV. Wacana Prima

Nasution, Prof.Dr, 2009, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta ; Sinar Grafika Offset

Roestiyah N.K, Dra, 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta ; PT.Rineka Cipta

Sanjaya, Wina,Dr. M.Pd, 2009, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta:Kencana.

--------------------------, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2008, Jakarta: Kencana.

Sukidin, Basrowi, Suranto, 2008, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta ; Insan Cendekia

Sudrajat Ahmad, 2008, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). 2008. http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com

Sudrajat Ahmad, 2008, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.