OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 8 SUWAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT

Roslinda Wartabone

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament bagi Peserta didik Kelas VI SDN 8 Suwawa dapat meningkat dan memenuhi tujuan yang diharapkan? Prosedur penelitian ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian pada setiap siklus dalam pembelajaran Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik Kelas VI SDN 8 Suwawa semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut: (1) pada siklus I hasil belajar peserta didik belum memenuhi standar yang diharapkan, Setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan meningkat. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan bagi peserta didik Kelas VI SDN 8 Suwawa. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya hasil belajar PKn peserta didik kelas VI SDN 8 Suwawa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn.

Keywords


Hasil Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Team Games Tournament

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Ibrahim, Muslimin, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Moleong, Lexy J, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nata widjaja, Rochman, 1985. Cara belajar Peserta Didik aktif dan Penerapannya dalam Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Dikdasmen, Depdiknas

Nasution S. 1989. Didaktik Azas-azas Mengajar, Bandung: Jermnas

Rochman, Natawidijaja, 1997. Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Research)

Harun Rasyid, Drs, Mansur, M.Pd, 2008, Penilaian Hasil Belajar, Jakarta: CV. Wacana Prima

Mohammad Asrori, Prof. Dr, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: CV. Wacana Prima

Nasution, 2009, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Sinar Grafika Offset

Roestiyah N.K, Dra, 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sanjaya, Wina,Dr. M.Pd, 2009, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.

_______, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2008, Jakarta: Kencana.

Sukidin, Basrowi, Suranto, 2008, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Insan Cendekia

Sudrajat Ahmad, 2008, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). 2008. http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com

Sudrajat Ahmad, 2008, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.