DESAIN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SDN 25 PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO PROVINSI GORONTALO

Sriyati Suaiba, Hamzah B. Uno, Rustam Husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan desain pembelajaran yang berpusat pada perpustakaan sekolah serta mengetahui upaya yang dilakukan oleh para pengajar di SDN 25 Paguyaman dalam mendukung program tersebut.Penelitian ini menggunakan model ORIEKVAE (Orientasi, Eksplorasi, Validasi dan Evaluasi) atau disebut model evaluasi kesenjangan yang berfokus terhadap masukan, proses, dan keluaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan pada proses pembelajaran konvensional dengan pembelajaran melalui desain pembelajaran yang berpusat pada perpustakaan di SD Negeri 25 Kecamatan Paguyaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan untuk melakukan penyesuaian pembelajaran berpusat pada perpustakaan. 

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. (2001). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Lasa HS. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.

Perpusnas RI. (1994). Perpustakaan Sekolah: Petunjuk Untuk Membina, Memakai Dan Memelihara Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Qalyubi, Sihabuddin Dkk. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tafrikhuddin. (2002). Peranan Perpustakaan Sebagai Pusat Informasi. Jurnal Thaqafiyyat, Vol. 3. No. 1, Januari-Juni 2002, 170-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.