STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 ANGGREK KABUPATEN GORONTALO UTARA

Nur Fitriyana Lasaka, Zulaecha Ngiu, Udin Hamim

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1). Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku pelanggaran disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. 2). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan pelanggaran disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. 3). Untuk mendeskripsikan Strategi dalam membentuk karakter disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Bentuk-bentuk pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh peserta didik SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara antara lain: 1) Pelanggaran disiplin biasa (bersifat amoral/asosial, pelanggaran yang menyalahi norma sosial dan pelanggaran yang melanggar tata tertib sekolah), 2)  Pelanggaran disiplin yang sifatnya berorientasi kepada hukum (Mencuri dan Tawuran). (2). Faktor-faktor yang menyebabkan Pelanggaran Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara antara lain disebabkan oleh: 1) Faktor ekstern (Keadaan keluarga, keadaan sekolah dan keadaan masyarakat), 2) Faktor Intern (Keadaan Fisik dan Keadaan Psikis). (3). Strategi dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara antara lain: 1) Peningkatan Motivasi, Pendidikan dan latihan, Kepemimpinan (Sikap Keteladanan), 2) Pemberian reward dan punishment (Pemberian Hukuman dan Ganjaran), 3) Penegakan Aturan dengan Pemberian Buku Pegangan siswa (Sistem Poin).

Keywords


Strategi Guru, Karakter Disiplin, Peserta Didik (Siswa)

Full Text:

PDF

References


Arifin, Muhammad. 1997. Hubungan Timbal Balik Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta : Bulan Bintang.

Damayanti, D. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter, Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Kosasih, Engkos. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Moleong, L.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2011. Peranan Guru dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2002. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Purwanto, Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani. Muchlas. 2008. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2012. Guru dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satori, D dan Komariah, A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suradi. 2011. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekoleh. Jakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.