EVALUASI KINERJA MADRASAH ALIYAH NEGERI SE PROVINSI GORONTALO

Karimah Buyuhi, Abd. Kadim Masaong, Arifin Suking

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengevaluasi kinerja madrasah Aliyah Negeri se Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ditinjau dari aspek konteks (Context) bahwa Madrasah Aliyah Negeri se Provinsi Gorontalo memiliki tujuan dan target yang jelas dalam aspek kinerjanya di mana setiap poin dalam indikator kinerja telah mengacu pada peraturan dan keputusan pemerintah yang kemudian akan diimplementasikan. Dari 7 indikator kinerja madrasah, dalam hal evaluasi konteks yang masih harus dilakukan tindak lanjut yakni mengenai ketenagaan dan kesiswaan. (2) Ditinjau dari aspek masukan (input) bahwa Madrasah Aliyah Negeri se Provinsi Gorontalo telah memiliki berbagai perencanaan yang tertuang dalam strategi, cara dan sumber daya yang baik dalam upaya untuk meningkatkan kinerja dari madrasah secara berkesinambungan. Dari 7 indikator kinerja madrasah, dalam hal evaluasi input yang masih harus dilakukan tindak lanjut yakni mengenai manajemen dan kepemimpinan, kesiswaan dan hubungan madrasah dengan masyarakat. (3) Ditinjau dari aspek proses (Process) bahwa Madrasah Aliyah Negeri se Provinsi Gorontalo telah melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan operasional pembelajaran, keuangan dan administrasi yang sesuai dengan pedoman sehingga kinerja madrasah mampu memenuhi indikator kinerja yang baik. Dari 7 indikator kinerja madrasah, dalam hal evaluasi proses yang masih harus dilakukan tindak lanjut yakni mengenai ketenagaan, kesiswaan dan fasilitas dengan madrasah. (4) Ditinjau dari aspek produk (Product) bahwa Madrasah Aliyah Negeri se Provinsi Gorontalo telah memiliki capaian produk dan manfaat yang baik dalam kinerjanya terutama pada aspek siswa di mana banyak siswa yang berprestasi dan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Dari 7 indikator kinerja madrasah, dalam hal evaluasi produk yang masih harus dilakukan tindak lanjut yakni mengenai manajemen dan kepemimpinan, kurikulum dan pembelajaran, ketenagaan dan hubungan masyarakat dengan madrasah

Keywords


CIPP, Kinerja Madrasah, Penelitian Eksplanatori

Full Text:

PDF

References


Arisudhana, Aditya. 2014. Penerapan Balanced Scorecardsebagai Salah Satu Tolok Ukur Dalam Pengukuran Kinerja Tahun 2013 (Studi Kasus Pada Rumah Sakit X). Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Djaali dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Echols, John M. and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haris, Ikhfan 2016. Indeks Kinerja Sekolah: Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Lababa, Djunaidi. 2008. Evaluasi Program: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Masaong, Abdul Kadim & Arfan A. Tilomi. 2011. Kepemimpinan Berbasis ultiple Intelligence: Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Jakarta: Alfabeta

Muhammad, Ali. 2000. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mutohar, Prim Masrokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah (Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam). Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Prawirosentono, Suyadi. 2009. Manajemen Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stuffleabem, Daniel, 1967: The joint committee on Standards for Educational Evaluation: Ohio State University

Subarsono, A. G. 2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Suharto, Edi. 2005. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.