PENGARUH REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL MUHTADIN DEPOK

Ajeng Dwi Lestari, Masruroh Masruroh, Anissa Windarti

Abstract


Penelitian ini menjelaskan pengaruh remedial dan pengayaan dalam meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X SMK Al Muhtadin Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan berdasarkan tingkat eksplanasinya penelitian ini merupakan penelitian korelasional/asosiatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan variabel independen yang terdiri dari; remedial (X1), dan pengayaan (X2) sementara variabel dependen adalah hasil belajar (Y). Penelitian korelasional yang digunakan oleh peneliti adalah korelasi atau hubungan sebab akibat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dari hasil uji regresi yang dilakukan pada hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian variabel remedial (X1) berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar (Y). Analisis uji-t untuk variabel remedial, nilai t hitungnya sebesar 2,865, sementara itu nilai t tabel 0,05 (5%) sebesar 0,05 (5%) sebesar 1,997 maka t hitung > t tabel dan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 maka individual remedial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. (2) Dari hasil uji regresi yang dilakukan pada hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian variabel pengayaan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja (Y). Analisis uji t untuk variabel pengayaan, nilai t hitungnya 3,871, sementara itu nilai t tabel 0,05 (5%) sebesar 1,997 maka t hitung > t tabel dan nilai signifikansi yaitu 0,044 < 0,05 artinya secara individual variabel pengayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. (3) Dari hasil output yang dilakukan pada hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa remedial dan pengayaan secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah. Artinya semakin baik remedial dan pengayaan yang diberikan maka semakin baik pula hasil belajar sejarah.

Keywords


Remedial; Pengayaan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Damayanti Tamrin, Ernawati, Pengaruh Remedial Lansung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pemebelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru,

Dirman. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Izzati, Nurma. 2015. Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Eduma IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ketut, Syahrawi, Suranata. 2018. Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan untuk Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 1 No. 2, Agustus

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Lidi, Maria Waldetrudis. 2018. Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar, Jurnal Foundasia Vol.IX No.1, September

Lutvaidah, Ukti, dkk. 2019. Pengaruh Pembelajaran Remedial Terhadap Hasil Belajar Matematika Teknik, Jurnal Arsitektur Volume 02 No 02 (2019), 140 – 148

Mahmudah,Anna Rifatul. 2014. Pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi UIN Sunan Kalijaga. hal. Ix

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa, 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, cet. 9

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group

Suyono, Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 3

Zella, Mutiara. 2016Analisis Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Matematika dan Kontribusinya terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. skripsi pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.