MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NONFIKSI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS V SDN 6 BULANGO UTARA KABUPATEN BONE BOLANGO

Evi Hasim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks nonfiksi melalui model pembelajaran Mind Mappingpada siswa kelas V di SDN 6 Bulango Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Pada hasil observasi awal dari 15 siswa, yang mampu dalam menulis teks nonfiksi sebanyak 3 siswa atau 20%. Pada siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 6 siswa atau 40%. Pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 9 siswa atau 60%.  Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 13 siswa atau 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks nonfiksi di kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.

Keywords


Teks Nonfiksi; Model Mind Mapping; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Astusti, MT. 2019. Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuai hingga Teks Tanggapan. Jakarta: Penerbit Duta

Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancaea Psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutikaprio.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mu,’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Toeri dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Muchtar, Nurain. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Visual di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone bolango. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Mustafa, Setya Pinton, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang

Pulukadang, Wiwy Triyanty. 2018. Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.