PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI TOGEAN KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Esma Mantue, Ikhfan Haris, Arfan Arsyad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung adversity quotient, perhatian orang tua, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket/kuesioner dan kemudian diukur berdasarkan skala Likert. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Adversity quotient, perhatian orang tua, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik peserta didik  SMP Negeri Togean Kabupaten Tojo Una-Una. Artinya semakin tinggi Adversity quotient, perhatian orang tua, dan motivasi berprestasi, maka semakin baik hasil belajar peserta didik. Seluruh pemerhati pendidikan, yaitu guru, orang tua, pihak sekolah dan pemerintah diharapkan memberikan atensi khusus pada potensi AQ, perhatian orang tua, dan motivasi berptestasi sebagai faktor yang memberikan kontribusi pada hasil belajar siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Cece dan Rusyan, dkk, 2010, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit CV. Remadja Rosda Karya, Bandung.

D’Souza, R. 2016. A Study of Adversity Quotient Of Secondary School Students In Relation To Their School Performance and The School Climate. A dissertatio submitted to The University of Mumbai in partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Mater Education.

Fathurrohman, M.T. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 975-982.

Gagne, R.M. &Barliner, L.J. 2015.Principles of Intructional Design. New York: prentice hall.

Haeruddin, 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Matematika. p-ISSN: 2302-4518 | e-ISSN: 2622-0911

Huijuan, Z. 2019. The Adversity Quotient and Academic Performance Among College Students at St. Joseph’s College, Quezon City. Tesis. [online]. Tersedia di: www. peaklearning.com

Maisaroh, 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor – Maisaroh dan Rostrieningsih. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010

Mawarsih Siska Eko, Susilaningsih, Nurhasan Hamidi. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Presatsi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo, JUPE UNS, Vol. 1, No. 3, Hal 1 s/d 13

Nurgiantoro, Burhan 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE.

Rismawati, K. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Daerah Binaan III Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Rukmana Intan, Muh. Hasbi, Baharuddin Paloloang. 2016. Hubungan Antara Adevrsity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 03 Nomor 03 Maret 2016

Safitri, Nurhayati. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH Vol. 1 No. 2, December 2018. Page: 64 – 67 e-ISSN: 2597-9760, p-ISSN: 2597-9752

Saputri Dessy Indah, Joko Siswanto, Sukamto, 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar.JP2, Vol 2 No 3, Tahun 2019 p-ISSN : 2614-3909 e-ISSN : 2614-3895

Stoltz, Paul G. 2017. Adversity Quotient. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supardi, U. S. 2018. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3, (1), 61-71.

Wiswayan, N. P. 2017. Pengaruh Model Belajar Berbasis Masalah dan Adversity Quotient Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Konsep Diri Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4, (1), 774-787.

Yusmanto, B. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an SiswaKelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Semarang: IAIN Walisongo Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.