PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Rusmin Husain, Widya Natalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar siswa. (2) pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. (3) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. (4) pengaruh secara tidak langsung model Pembelajaran Problem Based Learning melalui minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat belajar siswa Pada Mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. (2) Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. (3) Minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning secara tidak langsung (melalui minat belajar siswa) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Hal ini menunjukan bahwa variabel minat belajar siswa mampu menjadi variabel mediasi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Minat Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Aisyanah, Nurul dan Zunaida Kurniasari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bsed Learnig Dengan Strategi Alat Petraga Puzzle Dadu Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika. http://Jurnal lppmunindra.ac.id. ISSN 2477-2348(Electronic)

Fauzia, Hadits Awalia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD (Jurnal Prmary Program Studi PGSD Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penetapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. http://Journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saraswatha, dkk. 2016. Penerapan Model PBL Untuk ME=eningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja (e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol:4 No 1)

Sobandi, Siti Nurhasanah A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016 halaman 135 - 142

Sulaeman. 2011. Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning degan Cooperative Learning. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : e-Proceedings, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com