Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Administrasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Penerapan Pelatihan Pendampingan In Service Learning Dan On The Job Learning Service Di SDN No.44 Hulontalangi

Jeni S Kumisi

Abstract


Sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan dasar yang sifatnya formal pada dasarnya bertujuan untuk mencapai cita-cita tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan siswa melalui proses belajar mengajar di kelas. Untuk dapat mencerdaskan siswa terdapat salah satu aspek yang sangat penting dalam program pendidikan yaitu guru. Tugas guru adalah untuk melihat berbagai pengaruh yang mengitari siswa hingga kegiatan belajar meningkat. Tugas ini harus direncanakan seoptimal mungkin dengan memperhatikan keterbatasan-keterbatasan perhatian dan kemampuan belajar melalui pembelajaran yang efektif yang tujuannya bermuara pada peningkatan mutu pembelajaran.


Keywords


Mutu, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Agung, Lilik. 2007. Human Capital Competencies. Jakarta: Elex MediaKomputindo

Arifin.2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: LilinPersada

Press

Amelia Rizki Dian. 2015. Tesis Efektivitas Peran Guru Pendamping Dalam Membantu

Proses Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Semarang.Semarang:

UNES

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan

Cendekia

Anonim.http://digilib.uinsby.ac.id/409/9/Bab%206.pdf

Badu A.M Abram. 2012. Disertasi Pengembangan Model Pelatihan Pendampingan

dalam rangka peningkatan kompetensi pendamping (Studi pada

Kelompok Usaha Konveksi Di Kota Gorontalo). Bandung: UPI

Djamarah.2000. Metode Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2004. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Fattah, Nanang. 2001. Manajemen personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta :

BPFE.

Isjoni.2007. Dilema Guru. Bandung:Sinar Baru Algasindo.

Istiningsih. (2008). Model Pendampingan Berbasis Among Dalam Penyuluhan Pertanian

Padi Organik di Sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian UNY

Yogyakarta. Yogyakarta: UPT-UNY




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.3.99-106.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id