Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Expressions Of Congratulating Others Melalui Metode Role Playing Di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Gorontalo

Iswan Samad

Abstract


Pengabdian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris dalam pembelajaran expressions of congratulating others melalui metode role playing di kelas X RPL SMK Negeri 1 Gorontalo. Pengabdian ini terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, yaitu metode playing dan tes ulangan harian. Prosedur pengabdian yang ditempuh meliputi: observasi awal; persiapan pratindakan; implementasi tindakan berupa tindakan pembelajaran siklus I, dan II; observasi dan evaluasi; analisis dan refleksi, serta perencanaan tindak lanjut. Hasil pengabdian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 74,82%, sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Keterampilan berbicara bahasa inggris dalam pembelajaran expressions of congratulating others melalui metode role playing yang menonjol pada siklus II adalah dengan predikat baik.


Keywords


Hasil Belajar, Keterampilan Berbicara,Metode Role Playing

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK. Jakarta: BSNP

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode MengajarkanEksakta Pada Murid.

Yogyakarta:DivaPress.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep

Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Ketrampilan berbahasa: dengan Pendekatan

Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hussain, Rubina. 2011. Good Teaching. University of Cambridge International

Examinations. Cambridge International Centre.

Ntelu, Asna. 2004. Bahan Perkuliahan pada Matakuliah Berbicara. Program S1.

Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Proyek PGSM Dikti. 1997. Pengabdian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudjana, Nana. 2003. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sutikno, M. Sobry. 2004. Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.

Uno, Hamzah. 2008.ModelPembelajaran,menciptakanprosesbelajarmengajar yang

kreatif dan efektif. Jakarta:BumiAksara.

Wahyudi, 1997. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Wina, Sanjaya. 2008. Menejemen Pengabdian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.2.73-80.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id