Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMA Negeri 1 Telaga

Ulin Antu

Abstract


Rendahnya pemahaman matematik harus menjadi fokus guru dalam merancang pembelajaran yang mengtasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan pemahaman matematik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian berkolaborasi dengan satu orang guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari meningkatkan kemampuan pemahaman matematik setiap siklusnya.

Keywords


Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF

References


Amir, M, T.(2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Penetahuan. Jakarta: Kencana Prenada media Group, Jakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Hariyanto dan Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2 010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematik/.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditam.

Padmavathy, R.D. and Mareesh, K.(2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics.

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik : Apa, Bagaimana, dan Mengapa dikembangkan Pada Peserta Didik. [online] Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/BERFIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf

Suyatno, (2009), Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Penerbit Masmedia Buana Pustaka Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.695-702.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id