Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Wanggarasi

Ibrahim D. Langango

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperatif Script pada mata pelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis dkelas VI SD Negeri 03 Wanggarasi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Stephen Kemmis dan Robbin MC Taggart. Model ini mempunyai empat tahapan yaitu tahap (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan (acting); (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan dan lembar pengamatan berpikir kritis, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik dalam berpikir kritis pada siklus I presentase rerata skor mencapai 53,91% dalam kategori kurang kritis. Dan pada siklus II rerata skor meningkat menjadi 66,15% dalam kategori kritis. Sedangkan kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran IPS pada siklus II meningkat dibanding dengan penilaian pada siklus I. Hasil skor skala kemampuan berpikir kritis pada siklus I, jumlah peserta didik yang telah mencapai kriteria keberhasilan sebanyak 11 orang 47,83% dan pada siklus II meningkat sebanyak 20 orang 86,96% Hal ini dirasa sudah cukup memuaskan karena kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu sebanyak 75% peserta didik mencapai taraf keberhasilan dan aktivitas peserta didik sudah dalam kategori kritis

Keywords


Model cooperatif Script, Kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2013. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Bima Bayu Atijah.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Asrori, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas(peningkatan Kompetensi Profesional

Guru. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta.

Chaedar Alwasilah. 2009. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:

Dharma Bhakti.

Edward deBono. 1992. “Mengajar Berpikir”, Terj. Soemardjo. Jakarta: Erlangga

Fahrudin Faiz. 2012. Thinking Skill( Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta:

SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok.Bandung:

ALFABETA

Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi belajar Mengajar. Yogyakarta : Sukses offset

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Radno Harsanto. 2005. Melatih Anak Berfikir Analitis, Kritis, dan Kreatif. Semarang:

Grasindo.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT

Rineka Cipta

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.565-574.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id