Pelatihan Test of English as a Foreign Language Pada Reading Comprehension Computer Based Test Terhadap Mahasiswa Semester 7 Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo

Marina Pakaya

Abstract


Penulisan ini menganalisis kemampuan mahasiswa semester 7 (tujuh) Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo Tahun Akademik 2020-2021. Program Pelatihan TOEFL CBT yang
diselenggarakan oleh UPT Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo, dilakukan selama 6 bulan sekali, karena selain Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, ada juga Fakultas Syariah,Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sebelumnya mahasiswa dari ke empat Fakultas tersebut, sudah ada Program Matrikulasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris selama 1 tahun diadakan pada tahun 2000 sampai tahun 2005. Sementara program pelatihan yang baru ini,mulai di buka dan dikhususkan untuk Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) yaitu TOEFL dan untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yaitu TOAFL. Adapun tujuannya untuk meningkatkan mutu dan kompetensi berbahasa, khususnya dalam aspek Pemahaman Membaca. CBT (Computer Based Test) dikerjakan dengan menggunakan komputer melalui software interaktif yang sudah terinstal di komputer. Adapun aspek membacayang akan diujikan, memiliki jumlah soal TOEFL 50 nomor dengan waktu 55 menit. Dalam kegiatan ini peserta yang terdaftar berjumlah 41 mahasiswa dari Prodi TBI yang mengikuti pelatihan CBT dan 24 mahasiswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan nilai 500.


Keywords


CBT, TOEFL, Pemahaman Membaca, Mahasiswa TBI, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Full Text:

PDF

References


Almasi, J.F. 2003. Teaching Strategic Processes In Reading. New York: The Guilford

Press, Benhardt, E.B. (1991). Reading Development In A Second Language:

Theoretical, Empirical, And Classroom Perspectives. Norwood, NJ: Ablex.

Abbot, Gery dkk. 2000.The Teaching of English as an International Language A

Practical Guide. New York: Longmann Publishing

Emzir, Dr. Prof. 2012. Metodologi Penulisan Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.

Jakarta: Rajawali Press

Hernowo. 2003. Quatum Reading Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang

Munculnya Potensi Membaca. Jakarta:

Jeremy, Harmer.2000. The Practice of English Language Teaching. New York:

Longmann Publishing

J. Sharpe, Pamela. 2000. How To Prepare For The TOEFL Tes. Jakarta: Binarupa Aksara

Larasati, P & Tim I-Smart University. 2012. Target nilai TOEFL 600: Strategi no. 1

tembusscore TOEFL tinggi. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Made. English Simple. Yogyakarta: Pusat Bahasa dan Budaya Nurwati, Andi & Enni Akhmad. 2012. Trampil Membaca Teks Bahsa Inggris. Gorontalo:

Sultan Amai Press

Priyonggo, Ambang & Achmad Fanani. 2005. Cara Mudah Menguasai TOEFL.

Surabaya: Diglossia Media




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.1.137-148.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id