ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN PROSEDURAL MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PINOGALUMAN

Iswanly Rahman, Sarson Pomalato, Abdul Djabar Mohidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi pemahaman konseptual matemaatika siswa ditinjau dari tipe kepribadian Ekstrovert pada materi sistem persamaan linier dua variabel (2) deskripsi pemahaman konseptual matemaatika siswa ditinjau dari tipe kepribadian Introvert pada materi sistem persamaan linier dua variabel (3) deskripsikan kemampuan prosedural matemaatika siswa ditinjau dari tipe kepribadian Ekstrovert pada materi sistem persamaan linier dua variabel (4) deskripsikan kemampuan prosedural matematika siswa ditinjau dari tipe kepribadian Introvert pada materi sistem persamaan linier dua variabel.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pinogaluman, Bolang Mongondow Utara, Sulawesi Utara pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII B dan VII D. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan: (1) tes pemahaman konseptual dan kemampuan prosedural yang berbentuk uraian, (2) tes tipe kepribadian yang menggunakan tes baku MBTI.Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan alur kegiatan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil penelitian  diperoleh bahwa pemahaman konseptual dari 33 siswa yang bertipe kepribadian ektrovert memiliki rata-rata presentase skor dengan rentang nilai antara 15,15% - 86,36% , sedangkan pemahaman konseptual dari 17 siswa yang bertipe kepribadian introvert memiliki rata-rata presentase skor dengan rentang nilai antara 22,06% - 79,41%. Sedangkan kemampuan prosedural matematika dari 33 siswa yang bertipe kepribadian ektrovert memiliki presentase skor dengan rentang nilai antara 17,80% - 36,66% , sedangkan kemampuan prosedural dari 17 siswa yang bertipe kepribadian introvert memiliki presentase skor dengan rentang nilai antara 30,88% - 38,97%.

Keywords


pemahaman konseptual, kemampuan prosedural, tipe kepribadian ektrovert, tipe kepribadian introvert.

References


Abbas, Nurhayati. 2012. Bahan Ajar Statistik Penelitian. Gorontalo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Khair, Abdul. 2015. Deskripsi Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Suwawa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo

Khairan, Makmun. 2013. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressido.

Kurnia, Tirta. 2015. Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Berdasarkan Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Materi Garis Singgung Lingkaran Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kusnawa, Wowo S. 2012. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Katili, Nancy. 2009. Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Matematika. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo

Manfaat, Budi. 2010. Membumikan Matematika dari Kampus ke Kampung. Jakara: PT Buku Kita.

Nasaiban, L. 2003. Psikologi Jung: Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses dalam Hidup; Tipe Kebijaksanaan Jung. Jakarta: PT. Grasindo.

Pautina, Titi. 2009. Hubungan antara Gaya Kognitif dan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Hasil Belajar Matematika, Tesis. Tidak diterbitkan. Gorontalo: PPs Universitas Negeri Gorontalo.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta

Satalina, Dina. 2014. Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert (Online), Vol. 02 No 02 (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2003/2105 diakses tanggal 28 juli 2016)

Suganda, Anton T. 2012. Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Prosedural dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metodologi penelitian Pendidikan Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung : Refika Aditama

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2012. Assesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo. A. D. 2013. Perbedaan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert didalam Frekwensi Terkena Bullying. Skripsi. Tidak diterbitkan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Utomo2. D. P. 2010. Pengetahuan Konseptual dan Prosedural dalam Pembelajaran Matematika. Makalah di ampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang tanggal 30 Januari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id