Pemahaman Guru PAUD Tentang Literasi Lingkungan Terkait Dengan Pendidikan Lingkungan Hidup

Titi Chandrawati

Abstract


Salah satu karakter yang sangat penting yang harus dipelajari oleh masyarakat Indonesia sejak usia dini adalah karakter menyayangi lingkungan hidup. Oleh sebab itu, masyarakat PAUD perlu mengenal dan mempelajari literasi lingkungan. Pemahaman dan keterampilan literasi lingkungan jika dipelajari oleh seseorang sejak usia dini, maka ilmu tersebut dapat menjadi kebiasaan dan akan bertahan lama dalam pikiran dan hati seseorang. Artikel ini akan menguraikan bagaimana pemahaman masyarakat PAUD yang diwakili oleh para guru PAUD di daerah Tangerang, Sawangan Bogor, Medan, Batam dan Jakarta tentang literasi lingkungan. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian sederhana dengan pendekatan kualitatif melalui diskusi dan wawancara dan penyampaian informasi melalui temu online mengenai PLH untuk PAUD. Subjek utama dari penelitian ini adalah 11 guru PAUD/TK yang mengajar di Tangerang, Sawangan Bogor, Medan, Batam dan Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki sejauh mana guru PAUD telah mengenal dan memahami literasi lingkungan terkait dengan PLH . Periode pengumpulan data memakan waktu 4 bulan pada tahun 2020. Analisis isi digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh divalidasi oleh anggota fakultas. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 11 guru PAUD tersebut belum mengenal dan belum memahami maksud literasi lingkungan terkait PLH. Namun mereka telah menggunakan beberapa strategi pengajaran untuk membantu anak didik mereka yang berusia dini untuk sayang lingkungan namun masih dalam beberapa tema terbatas. Strategi mengajar yang digunakan guru berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Full Text:

PDF

References


Benefits of environmental education in kids,

https://www.iberdrola.com/environment/enviromental-education-for-kids

Cherry, Kendra. “Social Learning Theory: An Overview of Bandura’s Social Learning

Theory.” Artikel yang tersedia secara online dalam .

Djoehaeni, H. (2014), Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan

Anak Usia, Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.1, Februari 2014

Enggar Harususilo, Y.(2019),Waspadai, Bahaya Anak Tidak Memiliki "Literasi

Lingkungan"",https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/22201031/waspadaibahaya-

anak-tidak-memiliki-literasi-lingkungan.

Fajrin, Latifah Permatasari (2020), Pendidikan Lingkungan Hidup Di Raudhatul Athfal,

Jurnal Tunas Siliwangi ISSN : 2476-9789 (Print) 2581-0413 (Online) Vol. 6, No. 2

Klikhijau.com (2021), Ragam Ide Pendidikan Lingkungan untuk Anak Usia

Dini!,https://klikhijau.com/read/ragam-ide-pendidikan-lingkungan-untuk-anak-usiadini/

Sagino (2019), Sekolah Berbasis Literasi Lingkungan Sebuah Destinasi Akrab dan Peduli

Lingkungan, , http://jatengpos.co.id/sekolah-berbasis-literasi-lingkungan-sebuahdestinasi-

akrab-dan-peduli-lingkungan/)

Pentingnya Pendidikan Lingkungan, http://dlh.jabarprov.go.id/index.php/layanan/k2-

categories-2/item/62-pentingnya-pendidikan-lingkungan.

Parker, Lyn & Prabawa-Sear, Kelsy, 2020, Environmental Education in Indonesia: Creating

Responsible Citizens in the Global South

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran

Ipa Di SD, Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) Volume 01,

Nomor 02, 2018, pp: 57~64

Kata kerja operasional Teori Bloom, http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/

uploads/2018/03/00-KATA-KERJA-OPERASIONAL-KKO-EDISI-REVISITEORI-

BLOOM.pdf

Sujiyo Miranto, Menanamkan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Anak Usia Dini


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.