Peningkatan Literasi Digital Guru PAUD Melalui Video Pembelajaran menggunakan PPT

Intan Tri Kusumaningtias, Hafzotillah Hafzotillah

Abstract


Perkembangan dunia pendidikan yang sangat pesat membuka peluang dan jalan baru untuk membuat dan mempresentasikan kepada anak –anak usia dini salah satunya melalui literasi digital. Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim pengabdian perlu mengetahui kondisi awal Sekolah PAUD yang akan menjadi tempat kegiatan. Analisis situasi yang telah dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan literasi digital guru PAUD dalam penguatan BDR (belajar dari rumah) yang berada di Kecamatan Bogor. Di era pandemi semua kegiatan dilaksanakan melalui daring, kegagapan bisa terlihat dari berbagai kalangan dari yang semula semua kegiatan dilakukan melalui tatap muka sekarang beralih ke sistem daring. Hal ini memaksa para guru-guru punya strategi khusus dalam menyampaikan materi kepada anak-anak usia dini melalui media yang mudah dipahami dan dimengerti oleh orang tua dan anak-anak. Dalam hal ini beberapa guru memberikan pendapat bahwasanya menyampaikan materi secara daring tidak seefektif menyampaikan materi secara tatap muka, para guru dihadapakan pada problem literasi digital yang memang belum memahami sepenuhnya cara penggunaan literasi digital salah satu sebagai bahan untuk membuat bahan ajar yang menarik dan edukatif. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dapat membuat guru-guru PAUD membuat materi yang menarik untuk anak-anak usia dini melalui literasi digital dari berbagai media yang ada.

Full Text:

PDF

References


Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Publising

Hartati Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya

dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.