Konsep Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Di Tk Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo

Aspin Mopangga

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Kemampuan Guru dalam meningkatkan perkembagan kognitif anak di TK Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. (2) untuk mengetahui Teknik Coaching yang di gunakan untuk kemampuan Guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru untuk meningkatkan perkembagan kognitif anak bahwa dari beberapa kemampuan guru yaitu; (a) Kemampuan Guru dalam memilih materi, (b) Kemampuan Guru dalam menetapkan metode, (c) Kemampuan Guru dalam memilih Media, (d) Kemampuan Guru dalam merancang Pembelajaran, (e) Kemampuan Guru dalam melaksanakan pembelajaran. Memiliki pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak yang secara siginifakan. Dalam hal ini kemampuan pedagogik menentukan keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran kepada anak usia dini. Sedangkan Teknik Coaching merupakan upaya peneliti menghadirkan seorang coach dalam memberikan pandangan terhadap guru sehingga potensi yang dimiliki guru dapat menjadi bagain penting pada perkembangan kognitif anak. (1) Inisiasi, kegiatan ini dilakukan berdasarkan asas Kerjasama yang dilakukan oleh coach dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada kemampuan guru untuk meningkatkan kognitif anak. (2) Observasi, dalam hal ini kegiatan yang dilakukan dalam upaya pengamatan untuk memberikan informasi dan data apa saja yang dilakukan coach dalam meningkatkan kemampuan coache. (3) Aksi, Aksi dapat dilakukan oleh coachee dalam hal ini guru Bersama-sama dengan coach. (4) Refleksi, Tahap Refleksi adalah komponen yang terpenting dalam proses coaching dan merupakan komponen yang membedakan coaching dengan berbagai kegiatan lain, (5) Evaluasi, setelah dilakukan inisasi dan observasi maka perlu dilakukan penilaian kepada guru dan menjadi bahan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan guru melalui Teknik coaching.

Full Text:

PDF

References


Anis Indarwati. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa

Metode. Jurnal Psycho Idea, Tahun 15. No.2, ISSN 1693-1076 Jamaris. (2006).

Perkembangan dan Pengembangan Anak. Jakarta: Gramedia

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama.

Eggen P dan Kauchak D, (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan

Ketrampilan Berfikir), Indeks, Jakarta

Eko Nugroho. (2012). “Pengaruh Coaching terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Individual

(Studi Kasus pada Karyawan Bagian Support Services Departemen Production

Services PT. International Nikel Indonesia, Tbk)

Eliyawati, Arya. (2010). Perkembangan kognitif pada anak. (online).

(http://ilmupsikologi.wordpress.com/2010/03/31/perkembangan-kognitifpada-anak/,

diakses 2 Juni 2021

Enco Mulyasa, (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.

Musfah, Jejen. (2015). Peningkatan Kemampuan Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar

Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta:

Bumi Aksara

Ninin Non Ayu Salamah. (2012). “Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

terhadap Kompetensi Karyawan pada PT. Muba Electric Power Sekayu

Nurhadi, & Senduk, A.G. (2003) Pembelajaran Kontekstual Contekstual Teaching and

Learning (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNIVERSITAS NEGERI

MALANG (UM PRESS).

Nurhadi. (2002). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Depdiknas

Nursyamsi. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Padang. Jurnal Al-Ta’lim. Volume 21,

Nomor 1.

Piaget (2012) perekembangan kognitif anak usia dini;

http://ramacahyati8910.wordpress.com/2020/12/02/teori-perkembangan-kognitifpiaget

di akses 12 Desember 2020

Pullaila, A. et. al (2007). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan

Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Suhu

Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Prodi IPA SPS UPI Bandung

Rizkia Windia P. (2017). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan

Pembelajaran Pada Sentra Balok Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Artikel Ilmiah

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta:

Kencana

Sudjana N, (2011), Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah,

Binamitra Publishing, Bekasi

Sudjana, H.D. 2001. Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah &

Teori Pendukung, Serta Asas. Bandung: Fatah Production.

Sugiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yerry Suryoadi, (2012). Pengaruh Pelatihan dan Keputusan Kompensasi terhadap Kinerja

Karyawan Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suryadi, D. (2010). “Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil

Pemikiran Berdasarkan Lesson Study”. Guide Book : Seminar in Math and Science

Education. Jica-FPMIPA, 54-75


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19