Evaluasi Kinerja Guru TK Melalui Bimbingan Pengawas Sekolah Binaan Di Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Yones Eni Luawo, Abdul Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi objektif kinerja guru TK Se-Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, (2) mengetahui yang menghambat kinerja guru dalam pelaksanaan program di sekolah. (3) mengetahui evaluasi kinerja guru melalui bimbingan pengawas di TK Se Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program sekolah dengan dilakukan terus pengawasan oleh pengawas sekolah. Selain itu kinerja guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru perlu dilakukan pengawasan dan pembinaan. faktor-faktor yang menghambat kinerja guru pada sekolah TK Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dalam hal ini faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru yaitu, letak geografis, faktor ekonomi, kualifikasi Pendidikan, dan fakor keluarga. Evaluasi kinerja guru melalui bimbingan di Lembaga TK Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo menggunakan metode CIPP yaitu sebagaimana disajikan dalam tabel lampiran menunjukan bahwa, secara keseluruhan rerata akhir capaian hasil Kinerja Guru pada umumnya beroleh cukup.

Full Text:

PDF

References


Alfian, Eli Surya &Yusriani, (2011). Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Mutu

Proses Pembelajaran: Studi Kasus di MAN Model

Jambi. Volume 26. Diakses dari e journal.iainjambi.ac.id/index.php/.../article/.../pdf

pada tanggal 18 Januari 2020, pukul 18.45 WITA.

Arikunto Suharsimi & Cepi Jabar Safruddin. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman

Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta: PT

Bumi Aksara

Arikunto Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu

Pendidikan. Edisi kedua Jakarta: PT Bumi Aksara

Agustin 2015 Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Vol 1, No 1

(2015) http://e journal.potensi utama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/view/261 di

Akses 22 April 2021

Kartowagiran Badrun, (2011) Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi) Cakrawala

Pendidikan, November 2011, Th. XXX, No. 3

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PMPTK Kementrian

Pendidikan Nasional, (2010). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Penerbit

Dirjen PMPTK.

Guntoro (2020) Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus

Dalam Meningkatkan Kinerja Guru; Jurnal Ilmiah Iqra’ 2541-2108 [Online] 1693-

[Print] Tersedia online di: http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII

Iskandar Akbar, (2011) Penelitian dan evaluasi pendidikan http://akbariskandar.

blogspot.com/2011/04/pengertian-tes-pengukuran-penilaian-dan.html di

Akses 22 April 2021

Leniwati (2017) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan

Kinerja Guru Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume

, No. 1, Januari-Juni 2017

Usman, M. Uzer, (2003) Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Nana, (2011). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. (Seri

Kepengawasan), Bekasi: Penerbit Binamitra Publishing.

Sudjana Nana, (2012). Pengawas dan Kepengawasan.: Memahami tugas pokok, fungsi,peran

dan tanggung jawab pengawas sekolah, Bekasi : Penerbit Binamitra Publishing.

Nasir Usman Maisyarah S. Niswanto, (2017) Evektifitas Pelaksanaan Tugas Pengawas dalam

Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Lingkungan UPTD Suku I

Disdikpora Kota Banda Aceh; http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/SNPUnsyiah/

article/view/6941

Mulyana, (2012) Indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja guru;

ainamulyana.blogspot.com di Akses 23 April 2021

Peraturan Bersama Mendiknas, Menneg PAN dan RB, Mendagri, Menkeu, dan Menag tentang

Penataan dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil, tanggal 3 Oktober 2011

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Pedoman Kinejra Guru 2014 https://suaidinmath.wordpress.com/2014/07/27/pedomanpelaksanaan-

penilaian-kinerja-guru-pk-guru-3/ di akses 23 Oktober 2020

Ramdahan Ahmad 2017 Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan

Supervisi Kepala Sekolah Journal of Educational Science and Technology Volume 3

Nomor 2 Agustus 2017 Hal. 136- 144 p-ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840

Riza Alfita (2011)."Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk

Unggulan Daerah Menggunakan Metode Weighted Product." Universitas Trunojoyo

Madura.

Sondang P. Siagian, (2002) Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta, PT. Bumi Aksara)

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Tim LPTK IAIN Sunan Ampel, (2011) Bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

Sertifikasi Guru / Pengawas dalam Jabatan, (Surabaya: LPTK)

Talib, Sudarmi (2012) Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah

Dasar Islam Terpadu Insan Kamil Labuha Kabupaten Halmahera Selatan. Other thesis,

University of Muhammadiyah Malang.

Undang-undang (2005) Guru dan Dosen Jakarta, Cemerlang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Yones Luawo, dkk (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah TK Dalam

Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru Melalui Bimbingan Pengawas Sekolah

Binaan; E.Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana

Universitas Negeri Gorontalo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19