Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Untuk Anak Usia Dini Era Pandemi

Qotrun Nada Nafi’ah

Abstract


Pengalihan pembelajaran dari rumah bukan berarti melupakan pentingnya memperhatikan model pembelajaran untuk anak. Model pembelajaran sangat penting diperhatikan oleh guru, orang tua, maupun guru privat yang bertugas mendampingi anak bahkan selama belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Untuk mencapai hasil yang maksimal pembelajaran dari rumah diperlukan penyusunan model pembelajaran berdasarkan gaya belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berdasarkan gaya belajar anak usia dini di era pandemi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap guru les privat anak usia dini yang mengampu enam orang siswa didik. Hasil dari penelitian mengungkapkan guru memodifikasi tampilan media pembelajaran menjadi lebih menarik untuk anak dengan gaya belajar visual, guru memberikan lebih banyak informasi melalui verbal kepada anak dengan gaya belajar auditori, sedangkan untuk anak dengan gaya kinestetik guru memfasilitasi ruang gerak dan memodifikasi game dengan banyak gerak.

Full Text:

PDF

References


Elya, Monica Hotma, Nadiroh Nadiroh, and Yuliani Nurani. 2019. “Pengaruh Metode

Bercerita Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):302–15. doi:

31004/OBSESI.V4I1.326.

Huda, Khairul, And Erni Munastiwi. 2020. “Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan

Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Glasser

(2):80–87. Doi: 10.32529/Glasser.V4i2.670.

Made, Ni, Pande Megawati1, Ni Ketut Suarni2, Pendidikan Guru, Jurusan Pendidikan, and

Bimbingan Konseling. 2013. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN

BERBAHASA LISAN. Vol. 1.

Mudhita, Sari, Sendy Setiawan, Laurencia Steffanie Mega Wijaya Kurniawati, Rustono

Farady Marta, and Michael Chinmi. 2021. “Komparasi Efektifitas Komunikasi Pada

Bimbingan Belajar Konvensional Dengan Ruang Guru Di Masa Pandemi COVID-19.”

Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(1):49–57. doi: 10.33021/EXP.V4I1.1346.

Punk, Jump. n.d. “Pengertian Pendekatanx Related Papers.”

Sayfri, fatrica. 2017. “PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS ACTIVE

LEARNING (STUDI KOMPARATIF AKTIF LEARNiNG, SISTEM AREA DAN

PENDEKATAN BCCT).” Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan 10(1). doi:

29300/NUANSA.V10I1.1530.

Susilowati, Retno. 2018. “Pemahaman Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini.” ThufuLA:

Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 1(1):89–100. doi:

21043/THUFULA.V1I1.4245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19