PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI DI SMP NEGERI 1 ATINGGOLA

Sardianah Sardianah, Muslimin Muslimin, Salam Salam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pengaruh penerapan teknik menulis dan kreativitas terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa SMP Negeri 1 Atinggola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan melibatkan dua variabel bebas, yaitu teknik konstruktivisme dan pemodelan; dan satu variabel yang dikendali (atribut) yaitu kreativitas siswa, yang dibagi atas kreativitas tinggi dan kreativitas rendah; serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar menulis puisi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2. Sementara, data penelitian diperoleh melalui tes unjuk kerja menulis puisi pada siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menemukan: (1) secara keseluruhan hasil belajar menulis puisi bagi siswa yang belajar dengan teknik konstruktivisme maupun yang belajar dengan metode pemodelan memberikan perbedaan yang signifikan. Ini berati bahwa teknik konstruktivisme  memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar menulis puisi jika dibandingkan dengan metode pemodelan; (2) bagi siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, teknik konstruktivisme memberikan hasil belajar menulis puisi yang lebih besar jika dibandingkan dengan hasil belajar menulis puisi melalui metode pemodelan; (3) bagi siswa yang mempunyai kreativitas rendah, teknik konstruktivisme memberikan hasil belajar menulis puisi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan hasil belajar menulis puisi melalui metode pemodelan; dan (4) terdapat interaksi antara teknik menulis dan kreativitas terhadap hasil belajar menulis puisi. Ini berarti bahwa teknik konstruktivisme lebih unggul daripada metode pemodelan bagi siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, sedangkan bagi siswa yang mempunyai kreativitas rendah lebih cocok dengan metode pemodelan.


Full Text:

PDF

References


Agni, Birany. 2009. Sastra Indonesia Lengkap. Jakarta Timur: PT Buku Kita.

Atmazaki. 1993. Analisis Sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Gagne, Robert M., 1977. The Conditions of Learning. New York: Holf.

Hasanuddin, WS. 2001. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa.

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghaia Indonesia.

Kosasih, E., 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Michalko,Michel. 2010. Cracking Creativity the Secrets of Creative Genius. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, Conny . 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Stones, Edgar. 1979. Psychology of Education A Pedagogical Approach. New York: Methuen.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i1.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi