LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIK

Yulisnawati Tuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar (SD) sebagai upayah peningkatan kualitas pendidik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif atau peneliian yang akan menggambarkan tentang literasi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar (SD) sebagai upayah peningkatan kualitas pendidik. Kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka yang dijadikan sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa literasi digital yang di lakukan pada sekolah dasar pada umumnya dapat meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik. Selanjunya literasi digital yang di terapkan di sekolah dasar masih pada tahap pembelajaran ekstra kurikuler sehingga masih perlu di galakan kembali sebagai upayah peningkatan mutu pendidik dan peserta didik. Hal ini lebih baik bila diperkuat dengan program yang di laksanakan oleh pemerintah serta dilaksanakan secara menyeluruh oleh pihak sekolah. Adapun literasi digital dengan penggunaan, etika, penyadaran kolektif bermedsos bagi peserta didik di sekolah dasar perlu diedukasi sesuai dengan penggunaan yang diperlukan dan terhindar dari perundungan, permainan (game) yang menjadi candu, korban medsos, dan korban dari kelalaian dalam pengelolaan waktu. Fungsi kontrol yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah, berkoordinasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat sekitar dapat menjadi bagian kolaborasi penting dalam berinternet yang sehat untuk peserta didik di jenjang Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ali, Ibrahim Gufran, dkk. 2017. Peta Jalan: Gerakan Literasi Nasional. Tim GLN Kemendikbud. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/08/peta-jalan-gln_rev.pdf. Diakses 11 November 2021.

Dinata Karsoni B. 2021. LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING http://jurnal.umko.ac.id. Diakses 11 November 2021

Kemdikbud. 2021. MODUL LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/4%20Modul%20Literasi%20Digital.pdf. Diakses 11 November 2021.

N. K. E. Muliastrini. 2020. NEW LITERACY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI ABAD 21 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3114. Diakses 11 November 2021

Nani Pratiwi dan Nola Pritanova, Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologi Anak dan Remaja, Dalam Jurnal Ilmiah Program Studi Penddikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR SISWA DI MI TERPADU THORIQUL JANNAH JAMBON PONOROGO http://etheses.iainponorogo.ac.id/6080/1/UPLOAD%20PERPUS%20jadi.pdf

Munir.2017. PEMBELAJARAN DIGITAL. Bandun. Alfabeta. buku online http://file.upi.edu . Diakses 11 November 2021

Rullie Nasrullah, dkk, Gerakan Literasi Nasional, (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017)

Suyono, Titik Harsiati, dkk. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi

Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar No.

hal.116-123. (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.