PEMBELAJARAN MENYAMBUT ERA SOCIETY 5.0

Windra Windra

Abstract


Dalam penelitian ini mengambarkan pembelajaran menyambut era society 5.0. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif atau peneliian yang akan menggambarkan tentang pembelajaran menyambut era society 5.0 sebagai upayah persiapan dalam menghadapi era  society 5.0. Kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka yang dijadikan sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil kajian bahwa pembelajaran menyambut era society 5.0. masih mengandalkan pembelajaran daring ini dapat dilihat dari berbagai litelatur yang ada bahwa pembelajaran dari mari merupakan pilihan utama dalam proses pembelajaran untuk menyongsong era  society 5.0.



Full Text:

PDF

References


Anni, C.T. 2014. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Aunurrohman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Baharuddin & Wahyuni, E.N. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriyani, dkk. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 7(1), 121-132.

Husamah & Yanur. S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi Panduan dalam Merancang Pembelajaran untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Mahitsa, M., Mahardini, A., & Fisika, P. 2020. Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. p-ISSN: 2337-5973: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 8(2). 217.

Oemar Hamalik. 2003, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214-224.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Cetakan V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2005, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabexta

Ramayulis. 2005, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia

Umro, J. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1), 79-95 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/ makrifat/article/view/3675. di akses 10 November 2021

Usman, M.U. & Setiawati, L. 2013. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi

Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061 di akses 10 November 2021

Nusantara, T. (2020). SOCIETY 5.0 DAN RISET PERGURUAN TINGGI INDONESIA.

Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset Dan Luarannya Sebagai Budaya

Akademik Di Perguruan Tinggi Memasuki Era 5.0, 1(1), 1-20.

https://doi.org/10.22236/semnas.v1i1.107 di akses 10 November 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.