PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR: GURU SEBAGAI PENGGERAK

Werty Tangahu

Abstract


Penelitian ini membahas tentang guru penggerak di sekolah dasar, dan peran guru penggerak. Program guru penggerak ini diarahkan untuk membentuk guru yang memiliki kapasitas sebagai pemimpin dalam pembelajaran dengan model pembelajaran yang dapat mendorong perkembangan siswa secara holistik. Pembelajaran yang diberikan oleh guru penggerak juga diharapkan secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik (guru) lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Guru penggerak juga diharapkan menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidik dalam mewujudkan pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan melalui studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah literature berupa buku, dan jurnal yang berkaitan dengan guru penggerak dan Analisis data yang digunakan adalah kritis untuk menelusuri lebih mendalam tentang guru penggerak dan peran guru penggerak.

Full Text:

PDF

References


Ernawati. 2021. Profesi Guru Penggerak Masa Depan Bangsa. Seri Publikasi Pembelajaran. Vol. 1. No. 2. (https://journal.fkipunlam.ac.id/index.php/repo/article/view/52 diakses pada tanggal 08 November 2021)

Mansyur, R. A. 2021. Wawasan Kepemimpinan (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal. Vol. 2. No. 2. (https://mail.jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/113 diakses pada tanggal 10 November 2021)

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta; Bumu Aksara. (https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0WAlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=sekolah+penggerak++&ots=QWxkdHgnNi&sig=FAu-YO3OT_zRZcBQed_JsRPTMPI&redir_esc=y#v=onepage&q=sekolah%20penggerak&f=false diakses pada tanggal 05 November 2021)

Nagri, S. K., Radjasa, M., Santika, R. 2020. Menggali Prinsip Dasar Guru Penggerak Melalui Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid. Syntax Idea. Vol. 2. No. 9. (http://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/356 diakses pada tanggal 10 November 2021)

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005 diakses pada tanggal 09 November 2021)

Syafii, f. F., rahmat, a., & husain, r. Curriculum 2013 in the Philosophy of Traditional Education Perspectives. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(12), 95-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.