ENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL SIRI’ NA PACCE

Vivi Kasvita, Rosleny Babo, Muhajir Muhajir

Abstract


Abstrak

Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat penting untuk ditanamkan dalam diri peserta didik, khusus nilai-nilai karakter kearifan lokal Siri’ na Pacce. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal Siri’ na Pacce dalam menanamkan nilai-nilai karakter toleransi dan sikap jujur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu SD Negeri 81 Belo Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng.  Sedangkan sampel penelitian adalah kelas V SD Negeri 81 Belo Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dideskripsikan berdasarkan hasil observasi dari observer selama dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter kearifan lokal Siri’ Na Pace melalui pembelajaran kontekstual mampu meningkat kesadaran diri peserta didik dalam bersikap melalui aktifitas belajar yang mengedepankan perilaku sikap jujur dan toleransi. Yang juga terimplementasi dalam interaksi social peserta didik di lingkungan kelas maupun di lingkungan sekolah.



Full Text:

PDF

References


Abdullah, H. (1985). Manusia Bugis Makassar: suatu tinjauan historis terhadap pola tingkah laku dan pandangan hidup manusia Bugis Makassar. (A. Hamid, Ed.) (Cet. 1.). Jakarta (Indonesia): Inti Idayu Press.

Afandi Muhamad, dkk, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press: Semarang.

Amin, M. (2017). Transformasi Nilai Kearifan Lokal dalam Memperkokoh Karakter Bangsa: Studi Kasus Tentang Budaya Siri’na Pacce di Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Azis, A., Saleh, S. F., & Suriani, A. I. (2020, April). Inculcating Siri’ na Pacce Value in Primary School Learning. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 7, No. 1, pp. 82-92). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Azis, A., Komalasari, K., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2021, April). Integrating Siri’ na Pacce on Pancasila and Civic Education Subject in Elementary Schools. In International Conference on Elementary Education (Vol. 3, No. 1, pp. 261-267).

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi

Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC

Darwis, Rizal & Dilo, Asna Usman. (2012). Implikasi Falsafah Siri’ na Pacce pada Masyarakat Suku Makassar di Kabupaten Gowa. el Harakah 14 (2). P. 189

Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran IPS. Malang: Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.

Heni, Zuhriyah, Pendidikan Karakter (Studi Perbandingan Antara Konsep Doni Koesoema dan Ibu Miskawaih (Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Ampel, 2007), 46.

Kilawati, A. (2019). Pendidikan Karakter dalam Budaya Siri’ na Pesse Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Mattulada. 1991. “Manusia dan Kebudayaan Bugis-Makassar dan Kaili di Sulawesi”. Dalam Antropologi Indonesia: Majalah Antropologi Sosial dan Budaya Indonesia, No 48, Thn XV, Januari-April 1991. Jurusan Antropologi FISIP Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Muhajir, M. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siri’ na Pacce melalui Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn SMA. Integralistik, 32(1), 29-33.

Nurul Zuriah. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prerspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.

Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102-111.

Syaiful Syagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subaedah, S., Banna, A., Abdullah, N., & Multazam, A. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (Siri’Na Pesse) untuk Meningkatkan Karakter Murid. Education and Learning Journal, 2(1), 57-66.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Yamin., HM (2008). Paradigma pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: GP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.