PENGGUNAAN MEDIA BERIBU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN 28 Tibawa. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, penulis menggunakan media BERIBU dalam pembelajaran. Dari hasil observasi awal, hasil belajar peserta didik pada materi bilangan bulat sangat rendah. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 terjadi peningkatan ketuntasan klasikal mencapai 19%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 2, maka terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yakni, nilai rata-rata peserta didik mencapai 89 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dari hasil tersebut, maka penelitian dianggap berhasil sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media BERIBU dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. 2004. Evaluasi Pengajaran. Padang: UNP
Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Darmansyah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP
Sadiman, Arief S dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina, (Sundayana, Rostina. 2013:13). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.