PROFIL PENGAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR: SIAPKAH MENGANTAR SISWA MENUJU SOCIETY 5.0?

Sulfasyah Sulfasyah, Ernawati Ernawati, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Keterampilan membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan yang sangat perlu dimiliki siswa dalam menghadapi Society 5.0. Memiliki keterampilan membaca pemahaman yang baik tidak hanya membantu dalam pemerolehan berbagai macam pengetahuan tapi juga berkontribusi dalam penguasaan soft skills seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas. Terlepas dari kontribusi keterampilan membaca pemahaman yang signifikan terhadap pembelajaran siswa, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar di Indonesia belum memiliki keterampilan membaca pemahaman yang memadai. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman adalah cara pemahaman membaca diajarkan kepada siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini yang merupakan studi pendahuluan dari sebuah penelitian pengembangan, bertujuan untuk mendeskripsikan pengajaran membaca pemahaman di sekolah dasar. Subjek penelitian sebanyak 100 guru kelas tinggi dari berbagai sekolah dasar di Sulawesi Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan data ditabulasi dan dianalisis ke dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pada penelitian ini berfokus pada kegiatan kognitif pada pengajaran membaca pemahaman di kelas mereka. Kegiatan kognitif tersebut terbatas pada kegiatan membaca senyap, tanya jawab dan meringkas. Kegiatan metakognitif belum nampak pada sebagian besar kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Temuan penelitian memberikan rekomendasi tentang perlunya perubahan dalam pengajaran membaca pemahaman menggunakan strategi dan metode yang dapat meningkatkan pemahaman dalam membaca dan perlunya dukungan diberikan pada guru dalam melaksanakan perubahan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Abdelrahman, R.M. 2015. Metacognitive Awareness and its Relation to Academic Achievement and Teaching Performance of Pre-service Female Teachers in Ajman University in UAE. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 174: p.560-567 DOI:

Archambault, I, Eccles JS, Vida M.N. 2010. ‘Ability self-concepts and subjective value in literacy: Joint trajectories from grades 1 through 12’. Journal of Educational Psychology. 102(4), 804-816

Aru, N. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa KelasIV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2 No. 2.

Al-Azzemy, A. F. T., & Al-Jamal, D. A. H. 2019. Evaluating cognitive, metacognitive and social listening comprehension teaching strategies in Kuwaiti classrooms. Heliyon, 5(2), e01264. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01264

Austin M, Casselden B. 2010. ‘Reporting on reading: A survey into the reading attitudes and personal reading habits of year 2 children’. The School Librarian. 58 (3): 133–35

Ballou, Abigail K. 2012. "Using Explicit Strategy Instruction to Improve Reading Comprehension". Education Masters. Paper 221.

Basuki, I.A. 2011. Profil pembelajaran membaca pemahaman di kelas IV sekolah dasar. Vol 20, No 2.

Fukuyama, M. 2018. Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 1, 47-50.

Harangus, K. 2019. Examining the relationships between problem-solving and reading comprehension skills. New Trends and Issues Proceedings on Humanities and Social Sciences 6(5):66-74

Harususilo, Y.E. 2019. Daftar Lengkap Skor PISA 2018: Kemampuan Baca, Berapa Skor Indonesia? Kompas.com - 07/12/2019, 09:14 WIB.

Hennessy. 2014. Bridging between Research and Practice:Supporting Professional development through collaborative studies of classroom teaching with technology. Sense Publishers: Netherland.

Hite, S. 2009. Improving problem solving by improving reading skills, Nebraska: University of Nebraska-Lincoln

Hong, H.-Y., Ma, L., Lin, P.-Y., & Yuan-Hsuan Lee, K. 2020. Advancing third graders’ reading comprehension through collaborative Knowledge Building: A comparative study in Taiwan. Computers & Education, 157, 103962. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103962

Iriani S. 2017. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 6, No 1

Kelly M. 2014. Strategies to Increase Student Reading Comprehension. https://www.thoughtco.com/reading-comprehension-strategies-7952.

Kolić-Vehovec, S. & Bajsanski, I. 2006. Metacognitive strategies and reading comprehension in elementary-school students, European Journal of Psychology of Education, 21, 439-452

Küçükoğlu, H. 2013. Improving reading skills through effective reading strategies. Procedia- Social and Behavioral Sciences. 70, p. 709 – 714

Lucia, R. 2013. The effect of an intervention program based on scaffolding to improve metacognitive strategies in reading: A study of year 3 elementary school students in Jakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Volume 69, p.1601-1609

Natalie L, Barratt-Pugh C, Anderson K, Barblett L & Haig Y. 2015. ‘Engaging children in reading for pleasure: A better beginnings project linking libraries with primary schools’. LIBRI, 65(1): 15–24

Nurvitriawati, Sulfasyah. 2018. Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murid Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 3 (1), 417-428

Puspita, R. D., Hoerudin, C. W., & Yudiantara, R. A. 2020. Integrating Thematic Instruction Using Webbed Curricula Model to Improve Students’ Reading Comprehension on Informational Text. Anatolian Journal of Education, 5(2), 1–18.

Putman, S. M., Smith, L. L., & Cassady, J. C. 2009. Promoting change through professional development: The place of teacher intentionality in reading instruction. Literacy Research and Instruction, 48(3), 207–220. http://dx.doi.org/10.1080/19388070802251988

Schunemann N, Sporer N, Brunstein C. 2013. Integrating self-regulation in whole-class reciprocal teaching: A moderator-mediator analysis of incremental effects on fifth graders’ reading comprehension. Contemporary Educational Psychology. 38 (4), p.289-305

Susilo, Sigit V. 2016. "Metode Pembelajaran Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ; Vol. 7, no. 1, 2016, pp. 150-167

Tompkins GE, Campbell R, Green D. 2012. Literacy for the 21st century: A balanced approach. French Forest, NSW: Pearson Australia.

Wahid S, Sulfasyah, Rubianto. 2016. Pengaruh Metode Bermain terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Bategulung. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 1 (2), 149-163

Wilson NS, Bai H. 2010. The relationships and impact of teachers’ metacognitive knowledge and pedagogical understandings of metacognition. Metacognition Learning. 5:269– 288


Refbacks

  • There are currently no refbacks.