EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Sri Melan Tanango

Abstract


Berdasarkan surat edaran menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut: (Surat Edaran Kemendikbud.2020) yaitu 1) belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, 2) belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19; 3) aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masng, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dirumah, 4) bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.



Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Daradjat, Zakiah, 2012, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X, Jakarta: Bumi Aksara.

Ghufron, M. (2018). Revolusi Industri 4.0 : Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 332-337.

Hamzah B. Uno Dan Nurdin Mohamad, 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: Bumi Aksara.

https://databoks.katadata.co.id/, diakses tanggal 28 April 2020

Mastuti, dkk. 2020. Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19)

Popham. (2003). Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka cipta.

Purwanto. 2009. Evaluasi hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.