PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Sri Dewi Nr, Rosleny B, Muhajir Muhajir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning atau berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Wahyu Mandiri Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat eksperimen.Dalam penelitian eksperimen ini, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Dalam penelitian eksperimen ini, peneliti menggunakan Desain true eksperimental design dalam penelitian ini terdapat pretest dan postest, sehingga pengaruh treatmen dapat dihitung dengan cara membandingkan nilai pretes dan postes. Adapun desain penelitian Pretest-postest Design. Subjek pada penelitian ini adalah  siswa kelas V MI Wahyu Mandiri sebagai Kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang dan Siswa Kelas V MI Tanah Bangka sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 orang . Instrumen Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes berupa pretest dan postest dan instrument hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning atau berbasisproyek ini dapat dikatakan efektif karena tercapainya rata-rata hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 93% dengan kategori sangat tinggi, siswa sangat aktif dalam pembelajaran berbasis proyek ini karena siswa bisa menggali kemampuan dan bakat yang ada dalam diri siswa terutama dalam menggambarkan peta.dan guru juga dengan mudah mengarahkan siswa dan menyampaikan materi.



Full Text:

PDF

References


Blumenfeld et.al. (1991). Motivation Project Based Learning: Sustaining the doing,Supporting the learning. Dalam Educational Psychologist (Online). Tersedia : www.informaworld.com/smpp/content(21 juni 2021).

Departemen Agama RI. (1976). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Bumi Restu.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamalik Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasil Wawancara, dilakukan kepada Guru MI Wahyu Mandiri dan MI Tanah Bangka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Permendikbud no. 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sardjiyo. (2009), dkk, Pendidikan IPS di SD (Jakarta:Universitas Terbuka), 1.26

Sudjana, Nana. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.