MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN “SESTANI DAN MISTANI” DI SDN 13 TIBAWA KECAMATAN TIBAWA

Sitti Rahmatia Y. Hilumalo

Abstract


Upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dapat dilakukan dalam berbagai macam strategi, salah satunya melalui kegiatan Sestani dan Mistan. Kegiatan Sestani dan Mistani merupakan akronim dari Selasa Tampil Berani dan Kamis Tampil Berani. Kegiatan Sestani dan Mistani dilaksanakan setelah peserta didik diberikan layanan bimbingan kelompok berdasarkan minat dan bakat peserta didik. Kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat, memperluas wawasan, krativitas dan mengemukakan ide maupun gagasan serta rasa percaya diri untuk pengembangan diri peserta didik. Melalui kegiatan bimbingan kelompok akan terjalin hubungan dinamika kelompok bagi para peserta didik. Kecenderungan rasa percaya diri yang dimiliki peserta didik berbeda-beda diharapkan terjadinya transfer informasi antar anggota kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui kegiatan Sestani dan Mistani rasa percaya diri siswa di SDN 13 Tibawa dapat meningkat?” tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui kegiatan Sestani dan Mistani di SDN 13 Tibawa. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 13 Tibawa yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.



Full Text:

PDF

References


Anggraini, I. A dkk. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. Vol.2 no.1.P.161-169.

Aristiani, Rina. 2016. Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Vol.2 no.2.P.2460-1187.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.

Husain, R. 2015. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Di Kelas Iv Sdn 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Vol.12.no.1

Jeffry K.L and David P.M. 2007. Toyota talent, Edisi Terjemahan. Erlangga: Jakarta

Lina dan Klara. 2010. Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta: Nobel Edumedia.

Rahardjo Susilo . 2004 . Bimbingan Kelompok . Kudus : FKIP BK UMK

Slameto. 2003. BelajardanFakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. BinaKarya

Sukardi, D.K. 2007. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Tabanan: PT Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah (berbasisIntegrasi). Jakarta: Rajawali Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.