PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Siti Noer Aini Moko

Abstract


Aktivitas belajar merupakan prinsip yang sangat penting bagi keberhasilan proses belajar. Selama ini pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar lebih berfokus kepada guru, sehingga dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi dan menjadi pusat kegiatan dalam pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang ditawarkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sekolah dasar adalah model pembelajaran yang didasarkan pada pandangan konstruktivis karena dianggap paling sesuai dengan karakteristik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Melalui landasan konstruktivisme, siswa menciptakan sesuatu makna dari pengalaman demi pengalaman dan apa yang dipelajari. Pengalaman demi pengalaman tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat ditawarkan adalah tipe bamboo dancing.



Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D., Mahluddin, M., & Musyaffa, A. A. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Bamboo Dancing Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 151/Iv Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3290. Diakses Tanggal 10 November 2021 Pukul 22.00 Wita.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husain, R. 2020. Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359 Diakses Tanggal 16 November 2021 Pukul 22.35 Wita.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Isjoni. 2007. Pembelajaran Visioner. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kumeri, N., Husain, R., & Ardini, P. P. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Akademika, 7(2), 164-171.

https://journal.umgo.ac.id/index.php/akademika/article/view/1026 Diakses Tanggal 16 November 2021 Pukul 22.10 Wita.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning. Gramedia Widiasarana. Jakarta.

Maslichah, Asy’ari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat : PT Indeks.

Shoimin, Airis. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Prenhalindo.

Novia PA. 2016. Penerapan Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas V SD Negeri Panggang. 24(5): 2.339.

Sugiati, Wahyudi, Warsiti. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN 3 Grenggeng.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.