FEKTIVITAS MODUL IPS BERBASIS KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS V

Saqjuddin Saqjuddin, Muhammad Nawir, Idawati Idawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul IPS berbasis karakter pada peserta didik kelas V MI Madani Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Dalam penelitian eksperimen ini, peneliti menggunakan Desain Pre-Experimental Desing (Nondesings) dengan menggunakan bentuk desain One-Group Pretest-Posttes Desing. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V. Instrumen Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes berupa pretest dan postest dan instrument hasil belajar perserta didik.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPS berbasis karakter dinyatakan efektif karena tercapainya rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 90% dengan kategori sangat baik, peserta didik sangat aktif dan karakter peserta didik mencermingkan dengan materi yang disajikan serta memberikan kemudahan kepada guru dalam menyampaikan materi.



Full Text:

PDF

References


Belawati Tian, (2013). Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Universitas Terbuka.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hasil Wawancara, dilakukan kepada Guru MI Madani Kabupaten Gowa.

Kementerian Agama RI, (2014), Al-Qur‟an terjemah dan Tajwid. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.

Mulyasa, (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi aksara.

Peraturan Pemerintah no. 32 Tahun 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud no. 104 Tahun 2014.Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud no. 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sadiman, Arief S, dkk. (2013). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana Media grup.

Sugiono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: ALFABETA.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.