PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MURID KELAS V SDN 3 SAMBUNG JAWA KABUPATEN PANGKEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi terhadap minat belajar, hasil belajar serta penggunaannya secara simultan terhadap minat dan hasil belajar IPS murid kelas V SDN 3 Sambung Jawa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 40 murid dengan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS 21.0.
Pengambilan data untuk mendapatkan tes hasil belajar murid diperoleh dengan menggunakan Pretest dan Posttest dan untuk mendapatkan hasil minat belajar murid diperoleh dengan mengunakan angket. Adapun hasil analisis deskriptif yang diperoleh didapatkan minat dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Kemudian pada uji Manova diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi secara simultan terhadap minat dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi terhadap minat dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SDN 3 Sambung Jawa Kabupaten Pangkep.
Full Text:
PDFReferences
Al-Quran dan Terjemahan
Abidin, Y. Et Al. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara
Ali, M., And M. Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal. 2016. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadillah, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2020). The Effect of Problem Based Learning Model on Students Mathematic Representation Ability and Student Adversity Quotient at SD Islam Setia Nurul Azmi Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1456-1467.
Handayani, M. (2018). Developing thematic-integrative learning module with problem-based learning model for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166-176.
Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2(2), 143-148.
Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The effect of problem based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37-45.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparlan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.