KEMAMPUAN GURU SEBAGAI PENGGERAK PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0 DI KABUPATEN BONE BOLANGO

Rusmin Husain

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru sebagai penggerak pembelajaran era society 5.0 di Kabupaten Bone Bolango. Locus penelitian yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Sekolah dan guru sekolah dasar di Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang ditemukan yakni kemampuan guru sebagai penggerak dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran era Society 5.0 di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Bone Bolango berada pada kriteria yang cukup baik yang artinya masih harus terus ditingkatkan dengan berbagai intevensi stakeholder pendidikan.



Full Text:

PDF

References


Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education Volume 2 Nomor 1

Suyanto & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan. Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga.

Nastiti, F. E. & Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Volume 5 Nomor 1

Kurniawan, N. A. & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar E-ISSN 2549-5801 Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020.

Usmaedi. (2021). Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Volume 4 (2)

Uno, H. B. dan Lamatenggo, B. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi. Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. (2011). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE) Volume 1 Nomor 1 Hlm 21-30.

Agung, I. (2014). Mengembangkan Profesionalitas Guru (Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru). Jakarta: Bee Media Pustaka

Ashadi, N. R. dan Suhaeb, S. (2020). Hubungan pemanfaatan Google Classroom dan kemandirian Terhadap hasil belajar mahasiswa PTIK pada masa pandemi. Jurnal Media Elektrik, Vol. 17, No. 2, April 2020 p-ISSN:1907-1728, e-ISSN:2721-9100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.