LITERASI DIGITAL MENUJU ERA MASYARAKAT 5.0 DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi telah membuka kesempatan yang begitu besar bagi masyarakat terkhusu bagi dunia pendidikan. Oleh karenanya pemetaan kondisi tentang pola interaksi siswa sekolah dasar dengan perangkat teknologi informasi serta bagaimana sekolah menghadapi perkembangan era digital dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menelusuri tentanng literasi sekolah dasar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi Pustaka yang mana peneliti mengambil beberapa jurnal dan buku sebagai bahan referensi utama dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Litbang Kemdikbud. (2013) Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-beritakurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseranparadigmabelajar-abad-21 pada tanggal 08 November 2021
Khasanah, U. & Heriana. 2019. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662 diakses pada tanggal 02 November 2021)
Kurniawan, Ragil, M. & Pambudi, Inang, D. 2018. Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Digitas Native). Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (https://repository.bbg.ac.id/handle/715 diakses pada tanggal 05 November 2021)
Mauludin, S. & Cahyani, I. 2018. Literasi Digital Dalam Pembelajaran Menulis. Seminar Internasional Riksa Bahasa XII. Universitas Pendidikan Indonesia. (http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa diakses pada tanggal 08 November 2021)
Masitoh, S. 2018. Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS. Vol. 1. No. 3. (http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1377 diakses pada tanggal 08 November 2021)
Nindi, Salim, D. & Jatisunda, Gilar, M. 2020. Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 6. No. 2. (https://pdfs.semanticscholar.org/aa00/c1c14632306d3d0aabad7b2514b2d42285b3.pdf diakses pada tanggal 06 November 2021)
Pohan, Saribumi, S. & Suparman. 2020. Perspektif Literasi Digital Bagi Gru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan. Vol. 7. No. 1. (https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/2932 diakses pada tanggal 08 November 2021)
Putri, Eka, A. 2019. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Nilai-nilai Kearifan Lokal pada Tradisi Saprahan Di Pontianak. Yupa: Historical Studies Journal. Vol. 3. No. 1. (http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/yupa/article/view/132 diakses pada tanggal 05 November 2021)
Sujana, A. & Rachmatin, D. 2019. Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa dan Bagaiman. Current Research in Education: Conference Series Journal. Vol. 1. No. 1. (https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Rachmatin-2/publication/341786748_Literasi_digital_abad_21_bagi_mahasiswa_PGSD_apa_mengapa_dan_bagaimana/links/5ed47d1992851c9c5e71dcf0/Literasi-digital-abad-21-bagi-mahasiswa-PGSD-apa-mengapa-dan-bagaimana.pdf diakses pada tanggal 01 November 2021)
Syafii, Firdaus, F. 2021. Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak (?). Universitas Negeri Gorontalo.
Tim Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.