PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN LKPD LIVERWORKSHEET TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 226 PATANDE KABUPATEN LUWU TIMUR
Abstract
Pengaruh model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande. Program Studi Magister Pendidikan Dasar Strata Dua (Pendidikan Dasar) Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Abdul Aziz Muslimin dan Pembimbing II Idawati . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas V.a dan V.b. dan sampel yaitu kelas V.a sebanyak 35 orang dan V.b sebanyak 35 orang yang berjumlah 70 murid. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 21 untuk melihat pengaruh Pengaruh model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan pada sikap sosial untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 85.00 dan minat belajar untuk kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 80.00. Sedangkan perhitungan hasil belajar Pre-test untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 56.71 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 85,31. Perhitungan pada hasil belajar Pre-test untuk kelas kontrol yaitu dengan hasil rata-rata sebesar 55.17 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 76,40. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande.
Full Text:
PDFReferences
Alquran Al-dzariyaat dan Terjemahannya
Agustini, Renda, & Murda. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Terhadap Pelajaran Pkn Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5744/4172
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajari. (2012). Model Pembelajaran Inovatif dan Proses Pembelajaran Konvensional. Jakarta: Balai Pustaka.
Enrdiani, A. (2011). Faktor yang Mempengaruhi Sikap Peduli. Retrieved January 3, 2020, from http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/faktor-mempengaruhi-sikap-peduli-sosial. html
Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vct ( Value Clarification Technique ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2. 01(September), 31–38.
Kemendikbud. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. , (2016).
Kemendikbud. Permendikbud RI No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. , (2016).
Kemendikbud. (2017). Panduan : Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. 188.
Kertawisastra. (2003). Strategi Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Kusuma, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005), 102
Nurasiah, S. (2019). Meningkatkan sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran value clarification technique. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 84–92.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009) 44
Riskawati, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Pbl Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Pasundan.
Rufaidah, S. D. (2013). Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas Vb SD Negeri Mangiran. Universitas Negeri Surabaya.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswandi, A. (2009). Model VCT: Landasan Teori, Kerangka Berfikir Dan Hipotesis. Retrieved January 2, 2021, from http://nazwadzulfa.wordpress.com
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanredja, D. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
W, C., & Kemmis, S. (1986). Becoming critical: Education, knowledge and action research. London: The Falmer Press.
Wijayant, A. T. (2013). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique ( Vct ) dalam Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. SOCIA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 72–79.
Zain, & Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.