PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHDAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 TAPA BONE BOLANGO

Nurnaningki Syamsi

Abstract


Realistic Mathematic Education (RME) merupakn model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif serta memiliki kemampuan bekerja sama. Model Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pembelajaran matematika yang dilakukan melalui interaksi dengan lingkungan dan dimulai dari permasalahan nyata di alami peserta didik serta lebih menekankan keterampilan proses dalam mneyelesaikan masalah yang diberikan. Kemudian melalui eksplorsi terhadap situasi nyata atau masalah nyata siswa menemukan kembali (reinvention) konsep matematika yang akan di pelajarinya. Pembelajaran ini di anggap membantu karena dapat melatih kemampuan penalaran peserta didik secara matematis pada hasil belajar matematika.



Full Text:

PDF

References


Ediyanto, E. dkk. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Vol.4.no.1.P.203-209

Husain, R. dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Vol. 1.no.1.P.1-6.

Ningtias Dwi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Dan Nilai Karakter Matematika Siswa Kelas V Sd N 05 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Ramadhani, M. H., & Caswita, C. 2017. Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.Vol.1.no.1.P.265-272.

Tanjung, H. S. 2019. Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Vol.6.no.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.