PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 8 TILONGKABILA KABUPATEN BONEBOLANGO

Meilan Juriati Daud

Abstract


Pembelajaran IPA di SD diharapkan dapat menstimulus siswa berpikir kritis, aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran oleh karena itu, Penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan aspek penting yang mendukung pelaksanaan belajar siswa, berdasarkan fakta yang ada di SDN 8 Tilongkabila yaitu hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas IV masih tergolong rendah, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) yang diharapkan melalui model pembelajaran ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar siswa pada muatan Pelajaran IPA dikelas IV SDN 8 Tilongkabila kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental designs dengan rancangan One-Group pretest-posttes design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2008. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta

Armada, I. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan

Sukasada.[Online].Tersedia:http://ejournal.undiksha.ac.id/indexphp/jjpgsd/article/view/810 [1 November 2021]

Arikunto,dkk.2014.ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta

Ariyanti, dkk. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Smp N 1 Ra. Journal for Research in Mathematics Learning. Vol. 2 No.2.2019.eISSN: 2621-7422

Awalluddin, dkk. 2010. Statistika Pendidikan SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Astiti. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Andi: Yogyakarta

Nurhayati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Sisw Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.Vol. 2 No.1. 2017.eISSN: 2477- 8443

Fathurrohman. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca: Yogyakarta

Fitriani, dkk. 2012. Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Sebagai Salah Satu Alternated Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikaModel. DP. Jilid 12 Bil.1.

Hartono, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis(Mea)

Dengan Setting Belajar Kelompok Berbantuan Lks Terhadapm Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Sd Desa Bebetine-

Hamdi, Bahruddin. 2015. Metode Penelitian Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish: Yogyakarta

Huda. 2018. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar: Yogyakarta

Kusumayanti, Dantes, Arcana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Dengan Setting Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD.[Online].Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/728 [09 September]. Vol. 1. No. 1. 2013

Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.2 No.1. 2014

Madgalena dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spldv Pada Kelas X SMA

Muslich dkk.2014. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara: Jakarta

Putranta. 2018. Kelompok Sistem Perilaku: Behavior System Group Learning Model. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Rosyid, Mansyur, Abdullah. 2019. Prestasi Belajar. Literasi Nusantara: Malang

Sahrudin. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Unsika.Vol. 4 No.1.2017.e-ISSN 2338-2996

Samatowa . 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indeks Permata Puri Media: Jakarta

Sanjaya, Wina. 2013 Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-ruzz media: Malang

Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Deepublish:

Sujana. 2014. Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. UPI Press: Bandung

Sujana, dkk. 2018. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press: Bandung

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana: Jakarta

Wedyawati,dkk. 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.